Pemanfaatan Sensor Micro Epsilon Untuk Industri Otomotif
Produksi otomotif
Produksi otomotif otomatis ke tingkat yang tinggi dan karena itu sangat terkait erat dengan bidang ini. Teknologi pengukuran termasuk dalam mesin dan lini produksi dalam hampir setiap langkah produksi. Persyaratan untuk kualitas tinggi, keandalan produksi dan stabilitas proses memerlukan penggunaan sensor yang tepat dan dapat diandalkan.
Pemantauan kedalaman embossment
Nomor seri timbul memungkinkan identifikasi tidak ambigu di seluruh dunia, misalnya, cangkang bodi mobil. Untuk langkah-langkah keamanan yang ditingkatkan (misalnya dalam kasus pencurian), ID bodi mobil dimasukkan ke dalam bingkai kendaraan. Oleh karena itu, kedalaman embossment merupakan faktor penting.
Inilah sebabnya mengapa mesin emboss beroperasi menggunakan optoNCDT 1420 sensor triangulasi laser dari Micro-Epsilon. Ini menentukan jarak yang tepat antara alat embossing dan komponen. Berdasarkan nilai jarak ini, alat dapat diposisikan dengan benar. Setelah embossment selesai, sensor mengukur profil embossment dan memastikan bahwa semua karakter di emboss ke kedalaman yang dibutuhkan
Pengukuran warna cat cair
Mengukur warna cat cair sangat kompleks. Sampai saat ini, cat telah secara khusus diterapkan pada area uji pertama dan kemudian diukur hanya setelah proses pengeringan untuk mencapai hasil pengukuran yang dapat diandalkan. Jika hasil pengukuran menunjukkan bahwa cat rusak, wadah cat harus dicampur lagi atau bahkan dibuang, yang sebagian melibatkan waktu tunggu yang lama sampai proses pengukuran baru dapat dimulai. Untuk mempercepat proses ini, MicroEpsilon telah mengembangkan sistem yang memungkinkan pengukuran cat cair selama proses produksi.
Aplikasi ini oleh karena itu termasuk colorCONTROL ACS7000 color spectrometer untuk pengukuran warna dan sensor triangulasi laser optoNCDT 1420-50 untuk pengukuran jarak. Yang terakhir ini sangat cocok untuk aplikasi ini karena ukurannya yang kompak dan kinerja yang sangat baik. Unit linear menawarkan penyesuaian otomatis.
Pengukuran bore inline pada tepi lembar dalam pembuatan tubuh
Untuk menghindari korosi, perlindungan korosi yang terus menerus dan bebas dari kesalahan merupakan faktor penting dalam proses pengecatan. Karena ketebalan lukisan yang diaplikasikan pada gerinda hanya dapat ditentukan di bawah batasan yang menantang, itu adalah keuntungan yang menentukan bahwa burr diakui pada awal proses produksi sebelum perlindungan korosi dan lapisan cat lainnya diterapkan.
Berbeda dengan solusi tetap yang memungkinkan pengujian acak, Micro-Epsilon menawarkan sistem scanCONTROL 2910-10 / BL Plug & Play yang memberikan presisi yang diperlukan dengan resolusi titik puncaknya yang tinggi. 8μm sepanjang garis laser untuk mengenali burrs andal bahkan selama pengukuran inline.
Perbedaan cakram rem
Saat memproses cakram rem mobil, rem cakram yang benar harus dipilih sebelum setiap tahap produksi untuk menetapkannya ke model pabrik yang berbeda. Laser scanner digunakan untuk mengenali dan mengklasifikasikan cakram rem. Tantangan perbedaan cakram rem adalah benda uji sama dengan bentuk, tinggi dan diameter. Pemindai laser gapCONTROL digunakan untuk pengakuan 100% dan penyortiran berikutnya. Satu-satunya ciri khas adalah celah antara dua bilah ventilasi yang menandakan model masing-masing pabrikan.
Mengukur ketinggian dasar filter di industri otomotif
Dalam produksi filter otomotif, pengerjaan tanpa cacat sangat penting untuk memfungsikan filter. Selain itu, ketinggian yang ditentukan dari filter juga penting untuk mencegah kerusakan yang terjadi pada pinggiran filter selama perakitan. Bekerjasama dengan pembuat mesin tujuan khusus Limberger GmbH dan spesialis pemrosesan gambar Signum, pemindaian profil laser ScanCONTROL diintegrasikan ke mesin uji saring.
Posisi jahitan kantung udara
Sebagai bagian interior, penutup harus selaras dengan penampilan keseluruhan. Persyaratan estetika tinggi ditempatkan pada kokpit, kursi, trim interior dan roda kemudi sangat penting untuk komponen fungsional ini. Sementara kesenjangan perakitan tidak dapat diukur sebelum instalasi, seperti banyak elemen lain dari mobil, jahitan airbag dapat diperiksa selama produksi dengan menggunakan pemindai profil laser scanCONTROL 2910-25. Pemindai mendeteksi kontur jahitan saat sedang dipandu oleh lengan robot dan mengevaluasi beberapa fitur secara bersamaan.
Memeriksa celah pada trim mobil
Pada kendaraan berkualitas tinggi, trim biasanya tidak hanya terdiri dari bahan tunggal (misalnya plastik) tetapi banyak bahan ikatan yang berbeda. Ini menawarkan berbagai pilihan desain tetapi juga banyak fungsi tambahan seperti penerangan menggunakan bagian semi-transparan. Ikatan atau pengelasan elemen-elemen ini memerlukan penanganan yang tepat, karena bagian yang hanya sedikit tidak sejajar dapat menyebabkan penyimpangan besar dalam ukuran celah yang sesuai. Untuk memenuhi persyaratan tinggi yang diminta oleh pabrikan otomotif, perlu untuk memeriksa semua lis sebelum pengiriman dan mengolah setiap bagian yang rusak. Dan disinilah pemindai laser scanCONTROL 2910-25 masuk.
Pengukuran celah dan flushness bagian bodywork mobil
Tuntutan pada bodywork mobil meningkat, tidak hanya dari sudut pandang teknis, tetapi juga berkaitan dengan desain optik. Oleh karena itu, pintu yang tidak menutup flush dapat memenuhi tujuan teknis tetapi akan segera terdeteksi oleh mata calon pembeli. Kap bonnet / kap mesin dengan ukuran celah yang berbeda di kedua sisi juga merupakan cacat yang cukup besar. Pendekatan khas untuk mengukur kesenjangan adalah dengan menggunakan pengukur manual feeler, yang memakan waktu dan mahal. Metode ini rentan terhadap kesalahan karena faktor manusia, yang mengapa gap sensor gap Gap digunakan di lini produksi modern untuk memeriksa kesenjangan bodywork dengan cepat, andal dan konsisten.
Pemantauan celah di interior mobil
Interior mobil menyajikan sejumlah celah, misalnya, antara elemen kokpit tunggal seperti konsol tengah atau trim pintu. Dari sudut pandang teknis, seringkali tidak relevan jika lebar dan tinggi celah adalah konstan. Namun, interior adalah area mobil yang dilihat pelanggan lebih dulu. Pemindai profil gapCONTROL memeriksa celah semua bagian di interior mobil selama perakitan akhir.
Tes warna dan intensitas lampu kendaraan
Pada akhir proses produksi mereka, lampu kendaraan harus diperiksa 100%. Warna dan intensitas lampu jadi adalah kriteria inspeksi utama. Distribusi cahaya yang homogen juga harus dijamin dengan batch LED yang berfluktuasi. LED colorCONTROL MFA Analyzer melakukan pemeriksaan warna ini. Lampu diposisikan melalui bentuk yang sesuai sehingga serat optik dapat menguji pada titik yang berbeda secara bersamaan, yang memastikan bahwa setiap LED dikendalikan. Teknologi pencetakan 3D yang canggih memungkinkan adaptasi terhadap cahaya kendaraan.
Pengukuran gap dari pin yang tersandung
Ketika memicu operasi switching dalam peralatan uji untuk camshaft, pin yang tersandung dipindahkan dengan kecepatan tinggi. Pengukuran celah mendeteksi apakah pin tripping telah benar-benar diperpanjang dan jika telah dipicu dengan kecepatan yang diperlukan. Evaluasi perpindahan-waktu-sinyal menentukan semua parameter andal. Mikrometer optik optoCONTROL 1200/90 melakukan pengukuran ini.
Perbandingan warna antara sensor parkir dan cangkang
Lampiran mobil seperti sensor parkir dicat secara terpisah. Namun, selama perakitan tidak boleh ada perbedaan warna antara sensor parkir dan bumper, yang berarti kedua warna harus identik. Sensor colorSENSOR LT-2-DU dari Micro-Epsilon memungkinkan perbandingan warna langsung antara sensor parkir dan bumper belakang.
Pengenalan warna untuk jahitan di interior otomotif
Produsen mobil Jerman yang terkenal bergantung pada mekanisme poka-yoke untuk merakit komponen interior. Proses poka-yoke mencegah kerusakan produk karena kesalahan manusia acak dan memastikan bahwa semua bagian dirakit dengan benar. Namun, jenis komponen serupa sering memiliki lapisan warna yang berbeda, itulah sebabnya mengapa pencegahan kesalahan sangat penting. Sebelumnya, pemeriksaan ini dilakukan secara manual – ahli memeriksa sambungan secara visual. Sensor warna Micro-Epsilon WARSENSOR LT-3-HE sekarang digunakan untuk mengotomatiskan proses ini dan membuatnya lebih efisien.
TIM 160 untuk aplikasi cetakan injeksi
Pengguna mesin cetakan injeksi untuk pemrosesan plastik menghadapi peningkatan persyaratan kualitas yang dikenakan oleh pengguna akhir, khususnya untuk aplikasi otomotif. Karena tren ini, pentingnya kontrol suhu online tepat setelah ekstrusi sebagai atribut kualitas global semakin meningkat.
Pemosisian otomatis cakram sinkronisasi
Disk Synchronizer digunakan sebagai paket sinkronisasi dalam transmisi otomatis. Behr Systems di Jerman menciptakan pabrik penanganan dan pemrosesan untuk deburring sisi depan cakram sinkronisasi menggunakan laser. Bagian penting dari tanaman ini adalah teknologi pengukuran, yang menjamin penempatan cakram sinkronisasi yang tepat di bawah laser deburring.
Sistem dosis untuk perekat viskositas tinggi
Dalam sistem dosis piston industri otomotif digunakan untuk merekat kaca jendela mobil dan jendela. Sistem pemberian dosis ini memasok lem highviscosity ke pistol aplikasi dengan cara yang dapat dikontrol. Kontrol aliran volumetrik yang diperlukan untuk tujuan ini dicapai dengan menggunakan sensor long-stroke yang sesuai dalam silinder hidrolik. Sinyal perjalanan piston dibedakan, dan sinyal kecepatan dipotong dari ini dipasok ke sirkuit kontrol loop tertutup. Volume pengisian ditentukan melalui posisi piston.
Posisi robot untuk aplikasi segel
Untuk melindungi lapisan las secara permanen terhadap penetrasi kelembaban, pabrik Leipzig BMW AG menyegel lapisan las pada rel atap. Robot otomatis menerapkan sealant pada posisi di mana bingkai samping bergabung dengan panel atap. Sebuah sensor laser dari Micro-Epsilon, yang preposisi robot menggunakan pengukuran jarak, digunakan sehingga robot tahu persis di mana setiap lapisan las berada.
Manik-manik perekat memeriksa strip perbatasan
Strip perbatasan secara otomatis dipatuhi kaca oleh robot dalam produksi kendaraan. Proses otomatis ini harus dipantau karena penerapan perekat yang seragam oleh robot tidak pasti. Manik-manik perekat diperiksa segera setelah aplikasi oleh robot yang sama menggunakan scanCONTROL 2810 untuk tinggi, lebar dan posisi.
Cacat kaca depan
Selama produksi kaca jendela, dapat terjadi bahwa kelengkungan kaca depan yang benar tidak terjaga atau celah dan retakan di permukaan membuat kaca depan tidak dapat digunakan. Suatu sistem telah dikembangkan untuk tujuan ini, yang memeriksa kaca jendela sepenuhnya sejajar untuk permukaan yang bebas dari cacat. Beberapa sensor confocal pada balok mengukur mengukur jarak ke permukaan. Menggunakan fungsi pemusatan otomatis dari sensor confocal, mereka melacak lengkungan permukaan secara tepat. Resolusi tinggi memungkinkan untuk memeriksa kaca depan untuk retakan dan retakan pada saat yang bersamaan.
Cacat Paintwork
Penampilan luar merupakan faktor penting bagi banyak permukaan. Sistem inspeksi refleks CONCON cocok untuk inspeksi cacat otomatis dari permukaan yang mencerminkan. Sistem ini mengukur kualitas permukaan tanpa kontak menggunakan pantulan cahaya dan mengklasifikasikan cacat yang ditemukan. Sistem ini sangat cocok untuk permukaan yang dicat atau plastik halus. Versi yang berbeda memungkinkan penggunaan yang memadai untuk body mobil atau elemen yang lebih kecil.
Pemeriksaan manik-manik perekat
Hal ini penting selama perekatan pada panel kaca dalam produksi mobil bahwa manik-manik perekat menunjukkan lintasan yang konstan. Oleh karena itu lengan robot melacak jejak manik-manik perekat persis dengan pemindai laser scanCONTROL. Dengan demikian, robot memusatkan diri pada perekat manik-manik secara otomatis karena data yang diukur. Dengan demikian, pemindai mengukur profil permukaan dari manik-manik perekat. Perangkat lunak yang tersedia secara otomatis mendeteksi apakah pemukul terlalu sempit, terlalu lebar atau terlalu datar.
Profil kaca depan
Kaca lembaran untuk tugas-tugas industri yang menuntut pengujian 100% setelah produksi.Akurasi dimensi penting untuk kaca industri yang digunakan untuk tugas-tugas teknis yang menuntut. Contoh jenis kaca seperti itu adalah kaca jendela, kaca layar untuk televisi LCD atau kaca untuk produksi modul fotovoltaik. Bahkan deviasi kecil dari geometri atau ketebalan yang dibutuhkan dapat secara drastis mempengaruhi fungsi kaca nantinya. Sistem pengukuran profil kaca menggunakan sensor confocal. Ini beroperasi dengan cahaya putih dan tepat mengukur profil dari panel dan juga lapisan dalam. Pemindai laser juga digunakan untuk menentukan pengukuran.